MAKANAN KHAS KALIMANTAN YANG DIINCAR PARA WISATAWAN

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, apalagi jika anda berencana berlibur ke luar kota bersama keluarga. Makanan nomor 1 yang masuk dalam list jadwal saat anda akan berlibur. Aneh, jika anda tak mencicipi makanan khas dari tempat yang anda kunjungi. Kalimantan timur menjadi ibukota baru yang terletak di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Sebagian Di Kabupaten Kutai.

Di kalimantan timur ini memiliki makanan khas yang menggoda lidah. Dengan menikmati liburan ini anda dapat mencicipi berbagai macam kuliner yang menggugah selera. Rasa yang disajikan biasanya pedas, hal ini tentunya banyak yang mencarinya. Yuk, simak beberapa makanan khas Kalimantan Timur yang dapat anda nikmati ketika liburan disana;

  • Nasi Bekepor

Makanan ini yang dimasak menggunakan alat khusus yaitu ketel. Nasi yang diliwet dengan minyak sayur dan beragam bumbu rempah dan ikan asin. Biasanya nasi bekepor ini disajikan bersama daging hangus atau sayur gangan asam Kutai.

  • Ayam Cincae

Masakan ini sudah populer, olahan daging ini berbahan dasar ayam kampung. Dengan tekstur daging lembut dan gurih. Dengan bumbu rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kemiri, dan diolah dengan cara dibakar. Nikmat disajikan dengan nasi hangat serta sambal tomat.

  • Nasi Kuning

Nasi kuning ini tentu berbeda pada umumnya. Nasi dengan warna kuning dengan sajian ikan gabus, telur bumbu bali, bawang goreng, dan serundeng. Nasi kuning ini cukup murah, sehingga banyak orang yang menyantap sebagai menu sarapan.

  • Gence Ruan

Makanan gence ruan ini merupakan favorit masyarakat kalimantan, Ikan gabus (ikan haruan) digoreng kering atau dibakar setelah diolesi garam. Ketika sudah matang disiram dengan bumbu rempah-rempah, seperti bawang, cabai, bawang merah air asam jawa dan lain nya.

  • Amplang¬†

Ketika anda berlibur pasti membeli oleh-oleh. Amplang ini biasanya dijadikan oleh-oleh wisatawan. Amplang ini sejenis kerupuk yang terbuat dari ikan. Kerupuk ini memiliki rasa gurih dan enak.

  • Sambal Raja

Sambal raja merupakan hidangan yang dapat di nikmati oleh para raja dulunya. Sambal raja ini berisi aneka sayuran, seperti kacang panjang, terong, bawang merah, dan telur rebus, dan disiram dengan bumbu halus yang pedas.

  • Pisang Gapit

pisang gapit yang dibakar atau digapit, Sehingga bentuknya pipih serta melebar. Pisang gapit ini biasanya menggunakan pisang kepok, pisang sanggar, atau pisang tanduk. Topping pisang gapit ini saus durian atau saus karamel yang terbuat dari campuran santan dan gula merah.

  • Kue Gegicak

Tekstur kue gegicak ini kenyal dan lembut. Berbahan tepung beras ketan putih yang diberi pewarna alami yaitu daun pandan. Hampir mirip dengan klepon, namun kue gegicak dimasak dengan kukusan ditaburi parut kelapa dan disiram saus gula merah.

  • Pepes kepiting

Pepes kepiting ini menggunakan kepiting soka. Sebelum di bakar kepiting soka ini dibumbui Cabe rawit, cabai merah, serai, kemangi, dan aneka rempah-rempah sebelum dibungkus menggunakan daun pisang.

  • Lempok Durian

Makanan ini merupakan makanan recomended dari durian. Bentuk dari lempok durian ini berupa dodol, rasa manis namun tidak mendominasi. Lempok durian ini bisa untuk oleh-oleh keluarga.

Itulah informasi mengenai makanan khas yang bisa anda cicipi ketika berlibur, serta anda bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment