TUMBUHAN PALING LANGKA DI DUNIA

Tumbuhan merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang sering kita temui. Tentu saja tumbuhan banyak memiliki berbagai macam jenis di dunia ini. Tak hanya itu, setiap jenis tumbuhan memiliki bentuk dan juga karakteristik yang berbeda-beda. Pastinya kita bisa menemukan berbagai macam tumbuhan yang belum pernah kita temui di dalam hutan. Tentu saja tidak hanya tumbuhan namun juga hewan. Tumbuhan-tumbuhan tersebut dapat terus hidup sampai berpuluh-puluh tahun. Sebagian tumbuhan dapat kita budidayakan dan juga kita pelihara. Namun banyak juga tumbuhan yang hidup secara liar tanpa adanya perawatan. Berbagai jenis tumbuhan di dunia ini mungkin ada yang sudah akan punah ataupun hanya memiliki sedikit jumlahnya. Tentu saja kita perlu melestarikan tumbuhan agar bisa kita manfaatkan contohnya seperti pohon. 

Rafflesia Arnoldi

Tumbuhan-Tumbuhan Yang Paling Langka Di Dunia

Tumbuhan memang ada yang bisa dimanfaatkan ada juga yang tidak bisa dimanfaatkan oleh manusia. Di dunia ini banyak tumbuhan yang sangat langka yang mungkin belum di temukan di dalam hutan. Tidak hanya itu. Tumbuhan bisa saja hanya memiliki satu di dunia ini. Tak hanya itu, tumbuhan bisa hidup jika tidak ada manusia yang merusaknya. Tentu saja jika kita bisa merawatnya, tumbuhan tersebut dapat dilestarikan dan dibudidayakan. Nah, inilah beberapa tumbuhan yang paling langka di dunia:

  • Rafflesia Arnoldi

Tumbuhan ini tentu saja sangat populer di Indonesia. Sebab bunga ini hanya dapat terdapat kita temukan di hutan tropis Bengkulu. Bunga ini hidup dengan berat mencapai 12 kg. Bunga ini satu satunya bunga yang paling besar di dunia. Bunga ini ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles dan dinamakan dengan nama tersebut. Bunga ini ditemukan pada tahun 1818 saat Thomas melakukan ekspedisi di hutan tersebut.

  • Bunga bangkai

Pernahkah kamu mendengar nama bunga ini? .Bunga ini juga bunga yang berasal dari Indonesia tepatnya di Sumatra. Bunga ini sama seperti bunga Raflesia Arnoldi yaitu sama-sama mengeluarkan bau busuk. Bunga ini tentu saja hanya bisa kamu lihat di daerah tersebut. bunga Ini memiliki ukuran yang sangat besar dan juga tingginya bisa melebihi manusia. Bunga ini bisa hidup selama 40 tahun di dunia dan hanya mekar selama 2 hari setiap 7 sampai 9 tahun sekali. Untuk itulah bunga ini sangat unik dan banyak diteliti oleh para peneliti asing. 

  • Hura Brasiliensis

Jenis tumbuhan ini adalah jenis pohon. Namun yang membuatnya berbeda dan langka adalah adanya duri dari pangkal hingga ujung pohon tersebut. Pohon ini tentu hanya bisa kita temukan di hutan Amazon, Brazil. Duri pada batang pohon ini juga sangat beracun. Pohon ini juga memiliki buah dan buah tersebut akan meledak jika sudah matang. Pohon ini biasanya di sebuah dengan pohon dinamit karena buahnya.

  • Euphorbia Obesa

Jenis tanaman ini adalah tumbuhan kaktus. Namun kaktus ini berbeda dengan kaktus pada umumnya. Jenis kaktus ini berasal dari Afrika Selatan. Yang menjadi keunikan nya adalah kaktus ini memiliki bentuk yang bulat seperti bola baseball. Jenis kaktus ini malah lebih mirip dengan buah karena bentuknya. Karena pertumbuhan yang lambat dan memiliki biji yang sedikit, kaktus ini menjadi langka. 

  • Anaphalis Javanica

Tumbuhan ini berbentuk bunga yang hanya dapat kita temukan di Indonesia. Namun tanaman ini hanya bisa tumbuh di pegunungan tinggi seperti gunung-gunung. Bunga ini bisa tumbuh sampai 8 meter. Namun bunga ini banyak dipetik oleh para pendaki sehingga bunga ini sekarang menjadi langka.